Visi program studi

Menjadi Program Pascasarjana Arsitektur dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, di bidang arsitektur, yang meliputi: Teori, sejarah dan kritik Arsitektur, Perancangan Arsitektur, Sains Arsitektur dan Teknologi, Perancangan berbasis Komputer, Perancangan Kota, Lansekap Arsitektur, Perumahan dan Permukiman, Relasi Arsitektur dan Budaya, serta Arsitektur Profesional, untuk mengembangkan keunggulan budaya nasional.

Misi program studi

  • Pendidikan: Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana dengan kurikulum, dosen, dan metode pembelajaran berkualitas internasional untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam menerapkan dan mengembangkan keilmuan dalam bidang Arsitektur terutama bidang Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, dan Arsitektur Nusantara, yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta memiliki moral dan budi pekerti yang luhur.
  • Penelitian: Berperan secara aktif dalam penelitian, pengembangan dan publikasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni terutama di bidang Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, dan Arsitektur Nusantara yang memiliki keunggulan dalam pemecahan masalah lingkungan, budaya dan kemanusiaan, melalui kegiatan penelitian yang berkualitas internasional.
  • Pengabdian Masyarakat: Memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki untuk ikut serta dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya dalam bidang Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, dan Arsitektur Nusantara.
  • Manajemen: Melaksanakan pengelolaan pascasarjana dengan asas: Transparansi, Akuntabilitas, Bertanggung jawab, Mandiri, dan Berkeadilan; serta mengembangkan jejaring untuk dapat bersinergi dengan perguruan tinggi, industri, masyarakat, dan pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama dalam bidang Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, dan Arsitektur Nusantara.
  • Tata Nilai: Menjaga dan mengembangkan nilai, etika dan moral akademik; serta menerapkan tata nilai yang dianut oleh ITS.


Tujuan program studi

  • Mendidik, mengembangkan kemampuan mahasiswa, dan menghasilkan lulusan yang berbudi luhur, unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, berkepribadian mantap dan mandiri, mempunyai kemampuan professional dan etika profesi, memiliki integritas, sikap kepemimpinan, dan tanggung jawab yang tinggi, mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri dan mampu bersaing pada tingkat internasional.
  • Menghasilkan karya nyata yang relevan dan berkualitas tinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni bagi kebutuhan, regional, nasional dan internasional.
  • Menumbuhkan suasana akademik yang kondusif, serta menjunjung tinggi tata nilai moral akademik dalam usaha membentuk masyarakat kampus yang dinamis dan harmonis.
  • Menjadikan program pascasarjana sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang arsitektur, terutama Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, dan Arsitektur Nusantara yang berwawasan lingkungan.

Sasaran umum program studi

Menghasilkan lulusan dengan kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang Arsitektur, terutama Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, dan Arsitektur Nusantara; memecahkan permasalahan di bidang keahliannya; dan mengembangkan kinerja profesionalnya melalui penelitian dan kegiatan akademik lainnya.


Sasaran Khusus: Menghasilkan lulusan yang:

  • Mempunyai indek prestasi kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,75 (dalam skala 4) dengan masa studi tepat waktu
  • Mempunyai kemampuan berbahasa inggris yang baik dengan skor TOEFL ? 475
  • Mempunyai kemampuan mendesiminasikan hasil pemikiran dan penelitian di bidang Arsitektur, terutama Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, dan Arsitektur Nusantara dalam bentuk publikasi ilmiah


Dari Panduan Kurikulum ITS

  • Kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian dengan cara menguasai dan memahami pendekaytan, metoda, kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya.
  • Kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.
  • Kemampuan mengembangkan kinerja profesional yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacukupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa.