<<  August 17  >>
 Mo  Tu  We  Th  Fr  Sa  Su 
   1  2  3  4  5  6
  7  8  910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   
 

Kontak

Jurusan Arsitektur ITS
Kampus ITS Sukolilo
Surabaya 60111

Telp. (031) 5927290
(031) 5996972
Fax. (031) 5924301
E-Mail. Arsitektur

 

karya01.jpg
Silabus S1 PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   

 


PROGRAM SARJANA

Kompetensi Lulusan

  • Mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang Arsitektur, terutama Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, Arsitektur Nusantara dan Perancangan berbasis IT
  • Mampu memecahkan permasalahan di bidang keahlian nya
  • Mampu menekuni kinerja profesional (arsitek) melalui kegiatan penelitian dan akademik
  • Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok
  • Memiliki kreativitas dalam mengakomodasikan isu profesional (arsitek), lingkungan dan keberlanjutan

Graduate Competence

  • Able to implement and develop science, technology and arts in architectur; especiallyon housing and human settlement, tropical architecture, nusantara architecture and IT-based design.
  • Able to solve architectural issues
  • Able to work as a professional through academic, research and practice
  • Able to communicate and work together in a teamwork
  • Creative in accommodating professional (architect), environment and sustainable issues

STRUKTUR KURIKULUM/COURSE STRUCTURE

No.

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

sks

Deskripsi

SEMESTER I

1

RA141311

Dasar Desain Arsitektur 1

7

Pengetahuan dasar terkait Bentuk dan Ruang akan menjadi bekal pengembangan pengetahuan dan kemampuan desain. Dasar Desain Arsitektur 1 (DDA1) adalah Mata Kuliah dalam bentuk pembelajaran studio, bertujuan untuk mengenalkan Suasana Studio (Studio Culture), yang akan menekankan pada pemahaman dan eksplorasi bentuk (form) dan terapannya dalam desain arsitektur. Kemampuan dalam berkomunikasi dan menjelaskan proses desain, menyampaikan maksud, dan memahami pengambilan keputusan (Decision Making) adalah beberapa aspek yang akan dilatih dalam studio ini.

 

2

RA141312

Pengantar Arsitektur

2

Mata kuliah ini memberikan pemahamam kepada mahasiswa (baru) bahwa arsitektur merupakan salah satu bentuk ilmu pengetahuan. Dimana ilmu pengetahuan itu juga berlandaskan akan teori. Memberikan pengetahuan keterkaitan antara bidang arsitektur dan bidang desain. Memberikan pengetahuan bahwa arsitektur selalu hadir dalam sebuah konteks, sehingga hubungan keduanya merupakan pengetahuan tersendiri yang harus dipelajari. Luaran yang diharapkan adalah mengembangkan kemampuan untuk mempergunakan pemahaman arsitektur secara garis besar, sebagai pijakan berpikir, berimajinasi, berkomunikasi dan bertata nilai dalam berarsitektur.

 

3

RA141313

Mekanika Teknik

2

Mekanika Teknik adalah untuk mempelajari gaya, bahan dan kekuatannya,  khususnya untuk konstruksi, termasuk analisis sistem struktur: balok, kolom, rangka, kuda-kuda. Mahasiswa juga mempelajari gaya tegang, gaya tarik, sifat bahan, analisis balok,  diagram geser dan momen, tegangan tekuk dan  geser, defleksi dan desain tipikal balok bangunan.

 

4

RA141314

Matematika Arsitektur

2

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah parsial yang bertujuan memberikan pemahaman tentang konsep-konsep  dan pengembangkan kemampuan menyelesaikan persoalan yang terkait dengan rancangan, perancangan, dan penelitian arsitektur dengan dasar logika matematika dalam bentuk sajian lisan dan tulisan.

 

5

RA1411xy

Agama

2

 

6

RA1411xy

Bahasa Inggris

3

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah sks

18

 

SEMESTER II

1

RA141321

Dasar Desain Arsitektur 2

7

Mata Kuliah Dasar Desain Arsitektur 2 ini adalah Mata Kuliah dalam bentuk pembelajaran Studio, yang menekankan pada respon arsitektural terhadap kepekaan terhadap ruang dengan pemahaman hirarki kompleksitas batas ruang dengan lingkungan sekitarnya.

 

2

RA141323

Computer Aided Design

3

Mata kuliah CAD akan mengajarkan dasar pembuatan model secara digital, baik 2D maupun 3D. Dengan menggunakan sarana perangkat lunak Trimble SketchUp dan Autodesk CAD sebagai media untuk berlatih dan belajar. Kuliah akan mempelajari hal yang fundamental mengenai pembuatan model dengan menggunakan komputer, yang akan dimulai dengan garis sederhana, sampai dengan pembuatan wujud yang mengharuskan menggunakan pengetahuan teknik pembuatan model yang rumit. Kedua perangkat lunak akan digunakan secara simultan sehingga mahasiswa akan mampu membaca kecenderungan serta pola pada kedua perangkat lunak tersebut dimana hal itu akan membantu mahasiswa untuk memahami pola pikir yang digunakan dalam pemodelan digital dalam komputer. Luaran yang diharapkan adalah mahasiswa mampu mengkomunikasikan ide mereka dalam bentuk digital.

 

3

RA141322

Konstruksi Bangunan

3

Konstruksi Bangunan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan grafis yang diperlukan untuk berkomunikasi secara efektif dalam dunia konstruksi dan untuk memperoleh pemahaman dasar tentang gambar konstruksi dan detail.

 

4

RA141324

Fisika Bangunan

2

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah parsial yang bertujuan mengembangkan pemahaman tentang fenomena fisika dan mengembangkan kemampuan menyelesaikan persoalan fisika yang terkait dengan arsitektur dalam bentuk sajian lisan dan tulisan.

 

5

RA1411xy

Wawasan Kebangsaan

3

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah sks

18

 

SEMESTER III

1

RA141331

Desain Arsitektur 1

8

Mata Kuliah dalam bentuk pembelajaran Studio, yang menekankan pada respon arsitektural terhadap isyu tentang "dwelling", yaitu wadah aktifitas sebuah keluarga ataupun sekelompok masyarakat dalam bentuk rumah tinggal dan permukiman dalam kondisi yang khusus. Bagaimana arsitektur berdaya guna melakukan rekayasa ruang dan bentuk dalam menjawab pemenuhan kebutuhan akan rumah tinggal merupakan eksperimen yang menjadi titik berat desain outputnya.

 

2

RA141332

Arsitektur Nusantara

3

Arsitektur Nusantara adalah Mata Kuliah yang berbasis pada pengetahuan Arsitektur yang mencakup pemahaman arsitektural dalam konteks arsitektur tradisional Indonesia. Mata kuliah ini akan membahas perbedaan mendasar paradigma Arsitektur Nusantara dengan Arsitektur lain, sehingga dapat memberikanpengkayaan pengetahuan arsitektur kepada mahasiswa dalam proses berarsitektur.

3

RA141333

Sistem Struktur

3

Sistem Struktur merupakan mata kuliah untuk membiasakan mahasiswa dengan sifat material, prosedur desain, dan persyaratan teknis untuk bangunan baja dan beton.

 

4

RA141334

Sains Arsitektur & Teknologi

3

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah parsial yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman tentang sistem pengendalian lingkungan (bangunan dan sekelilingnya) secara pasif dan aktif, dan mengembangkan kemampuan menerapkan sistem pengendalian lingkungan untuk bangunan bertingkat rendah, dalam bentuk sajian lisan, grafis dan tulisan.

 

5

RA141335

Arsitektur Lansekap

3

Arsitektur Lansekap adalah kuliah pengantar dengan tujuan untuk menanamkan pemahaman tentang profesi Arsitektur Lansekap, profesi didefinisikan sebagai seni dan ilmu perencanaan atau desain di atas tanah-mengatur dan menciptakan ruang dan benda-benda di lanskap untuk digunakan manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah sks

20

 


SEMESTER IV

 

1

RA141341

Desain Arsitektur 2

8

Mata Kuliah Desain Arsitektur 2 ini adalah Mata Kuliah dalam bentuk pembelajaran Studio, yang menekankan pada respon arsitektural terhadap isyu perkembangan kota  dgn sub isyu yang  berneka ragam seperti sosial, kultur dan  ruang serta penekananan terhadap perilaku masyarakat perkotaan, khususnya yang menyangkut integrasi antar ruang (ruang  terbangun dan ruang terbuka) sebagai sebuah wadah aktifitas di bagian kota.

2

RA141343

Perkembangan Arsitektur

3

Perkembangan Arsitektur adalah Mata Kuliah yang berbasis pada pengetahuan Arsitektur yang mencakup nilai (values) dari perjalanan perkembangan dan sejarah Arsitektur Indonesia dan dunia. Mata Kuliah ini akan menekankan pada pemahaman nilai-nilai yang bisa diambil dari perkembangan Arsitektur, dan tidak memandang sejarah Arsitektur hanya sebatas perjalanan waktu.

 

3

RA141342

Teori Arsitektur

3

Teori Arsitektur adalah Mata Kuliah yang berbasis pengetahuan Arsitektur yang mencakup teori-teori di bidang Arsitektur, dengan berbagai sudut tinjau seperti substansi, tujuan, acuan filsafat, isyu, dan lainnya.

 

4

RA141344

Building Services

3

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah parsial sebagai dasar dari materi building service yang terintegrasi dalam kuliah desain 3 sampai dengan desain 7 yang bertujuan mengembangkan pemahaman sistem utilitas bangunan baik bangunan bertingkat rendah, menengah maupun tinggi, dan mengembangkan kemampuan menerapkan sistem utilitas bangunan, khususnya untuk bangunan bertingkat rendah, dalam bentuk sajian lisan, grafis dan tulisan.

 

5

RA141345

Pengantar Teori Perumahan & Desain Perkotaan

3

Mata kuliah Pengantar Teori dan Desain Perkotaan adalah mata kuliah wajib yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dari mahasiswa mengenai sejarah perkembangan permukiman dan perkotaan dengan kaitannya dengan perancangan arsitektur melalui pemberian materi dasar-dasar permukiman dan perencanaan kota, serta menerapkannya pada  tugas menyusun fakta, potensi dan masalah unsur-unsur pembentukan permukiman dan perkotaan di suatu kawasan kota tertentu dikaitkan dengan kebutuhan perancangan arsitektur.

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah sks

20

 

SEMESTER V

1

RA141351

Desain Arsitektur 3

8

Mata kuliah DA3 akan mengembangkan kemampuan merancang arsitektur secara tematik dan komprehensif dalam aspek artistic form, container, behaviour/environmental filter, climate modifier, (yang meliputi organisasi ruang, estetika bentuk, suasana, elemen bangunan, masa dan tapak, struktur, building services) untuk bangunan yang tanggap iklim bertingkat menengah dengan penekanan pada konteks iklim, teknologi dan integrasi sistem bangunan serta mampu mengkomunikasikannya secara grafis (sketsa/gambar komputer), lisan dan tulisan.

 

2

RA141352

Arsitektur Kiwari

3

Arsitektur Kiwari adalah Mata Kuliah yang berbasis pengetahuan Arsitektur yang mencakup pendalaman isyu-isyu terkini yang mempengaruhi dunia Arsitektur serta bagaimana Arsitektur merespon isyu-isyu tersebut. Isyu di sini dapat mempengaruhi bagaimana proses berarsitektur berkembang dengan cukup beragam, yang juga mempengaruhi bagaimana Arsitektur tersebut tercipta.

 

3

RA141353

Ekologi Arsitektur

3

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah parsial yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai hubungan timbal balik anatar lingkung bina arsitektur dengan manusia penggunanya dan dengan lingkungan sekitar yang lebih luas, serta menerapkan pemahaman tersebut dalam tugas menyusun fakta, potensi, masalah serta konsep ide dan penanganan kasus ekologi arsitektur.

 

4

RA14145x

MK. Pilihan 1

3

 

5

RA14145x

MK. Pilihan 2

3

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah sks

20

 

SEMESTER VI

1

RA141361

Desain Arsitektur 4

8

Mata Kuliah Desain Arsitektur 4  ini adalah Mata Kuliah dalam bentuk pembelajaran Studio, yang menekankan pada respon asritektural terhadap isyu kepadatan ruang, khususnya yang menyangkut ruang dalam lingkungan publik, kota, maupun pemukiman. Bagaimana arsitektur berdaya guna melakukan rekayasa ruang dalam sebuah densitas merupakan eksperimen yang menjadi titik berat desain outputnya.

 

2

RA141362

Makna Arsitektur

3

Makna Arsitektur adalah Mata Kuliah yang berbasis pengetahuan Arsitektur yang mencakup pendalaman makna dari kehadiran dan diciptakannya karya Arsitektur. Dalam mata kuliah ini juga akan membahas peran dari sebuah proses dan hasil usaha berarsitektur terhadap berbagai hal yang bersinggungan dengannya.

 

3

RA141363

Penelitian Arsitektur

3

Mengembangkan kemampuan menyusun rancangan penelitian ilmiah dibidang arsitektur, baik  sebagai kegiatan sistematis menuju penyusunan ilmu (arsitektur) maupun  sebagai bagian dari proses perancangan arsitektur.

 

4

RA14146x

MK. Pilihan 1

3

 

5

RA14146x

MK. Pilihan 2

3

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah sks

20

 

SEMESTER VII

1

RA141371

Desain Arsitektur 5

8

Mata Kuliah Desain Arsitektur 5 adalah Mata Kuliah dengan bentuk pembelajaran Studio. Isyu identitas dalam arsitektur merupakan isyu yang diangkat dalam mata kuliah ini. Bagaimana suatu ide dapat menjadi sebuah identitas bagi perwujudan arsitektur. Dalam media arsitektur baik privat maupun publik, dalam konteks urban maupun rural.

 

2

RA141372

Proposal Tugas Akhir

4

Melatih kemampuan menyusun proposal Tugas Akhir secara sistematis dan ilmiah yang meliputi program arsitektural, metoda rancang, konsep rancangan, dan eksplorasi awal  ide rancangan, yang berdasar pada teori dan kajian preseden serta penelitian lapangan, serta mengkomunikasikan melalui presentasi dan laporan. Proposal Tugas akhir merupakan sebuah usulan pemecahan terhadap permasalahan nyata yang terjadi di lapangan dengan pendekatan desain arsitektur.

 

3

RA1411xy

Technopreneurship

3

 

4

RA1411xy

Wawasan Teknologi & Komunikasi Ilmiah

3

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah sks

18

 

SEMESTER VIII

1

RA141581

Tugas Akhir

8

Mengembangkan kemampuan merancang arsitektur berbasis riset yang  komprehensif secara mandiri, dan mampu mengkomunikaikannya secara visual dalam bentuk  gambar dan model dengan memanfaatkan teknologi komputer, sebagai proses lanjutan dari Poposal Tugas Akhir.

 

2

RA141382

Etika

2

Memberikan pemahaman yang mendalam tentang etika dan profesionalisme sebagai bekal dalam menjalani profesi dan kehidupan di masyarakat yang sesuai dengan konteks dan norma.

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah sks

10

 

MATA KULIAH PILIHAN

No.

Kode MK

Nama Mata Kuliah (MK)

sks

Deskripsi

1

RA141451

Computer Aided Architectural Design I

3

Mata kuliah CAAD 1 akan mengajarkan peran komputer sebagai alat bantu dalam proses desain arsitektural. Dalam hal ini CAAD 1 akan memiliki fokus mengeksplorasi kemampuan komputer dalam membantu memvisualisasikan ide desain arsitektur.

 

CAAD 1 tidak ditekankan pada suatu perangkat lunak apapun, namun lebih ditekankan bagaimana sebuah ide desain arsitektur dapat divisualisasikan dalam bentuk digital, sehingga penggunaan suatu perangkat lunak lebih didasari pada kebutuhan akan suatu perintah unik pada perangkat lunak tersebut.

 

2

RA141461

Computer Aided Architectural Design II

3

Mata kuliah CAAD 2 akan mengajarkan peran komputer sebagai alat bantu dalam proses desain arsitektural. Dalam hal ini CAAD 2 akan memiliki fokus mengeksplorasi kemampuan komputer dalam memperhitungkan berbagai kemungkinan dalam suatu simulasi yang bekerja secara simultan (jika-maka), yang dalam bahasa digital lebih dikenal sebagai proses parametrik.

 

Dalam proses parametrik kemampuan logika komputer akan sangat dieksplorasi, dimana hal tersebut akan memberikan opsi desain yang berbeda dengan apabila desain tersebut hanya dilakukan oleh desainer tanpa bantuan komputer.

 

Dengan banyaknya kemungkinan desain yang mungkin dikeluarkan oleh kolaborasi desainer dengan komputer akibat proses parametrik, maka mahasiswa secara tidak langsung akan dilatih untuk melakukan riset akan desain-desain yang ada untuk kemudian akan hasil riset tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk memilih desain yang optimal.

 

CAAD 2 akan fokus terhadap beberapa perangkat lunak yang memiliki kemampuan parametrik, mengingat tidak semua perangkat lunak dalam dunia model digital memiliki kemampuan tersebut.

 

3

RA141452

Arsitektur Tropis

3

Mata kuliah ini mempelajari tentang perilaku bangunan sebagai media berarsitektur di daerah tropis, dengan fokus pembahasan ditekankan pada lokasi Indonesia. Arsitektur Tropis akan membahas prinsip-prinsip dasar desain arsitektur di daerah tropis, serta bagaiman respon bangunan terhadap iklim tersebut.

 

4

RA141462

Arsitektur Hijau

3

Arsitektur hijau akan memberikan pemahaman kepada para mahasiswa akan konsep arsitektur yang hemat energi serta tanggap lingkungan. Selain itu juga memberikan konsep arsitektur yang meminimalisir efek negatif yang mungkin timbul akan adanya suatu bangunan terhadap lingkungannya.

 

5

RA141453

Lansekap I

3

 

6

RA141463

Lansekap II

3

 

7

RA141454

Informal Housing

3

Melatih  kemampuan untuk menyusun program, perencanaan dan perancangan  berbasis riset untuk perbaikan perumahan permukiman informal terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah berdasarkan prinsip pemberdayaan, keberlanjutan dan kemandirian, khususnya di kampung kota.

 

8

RA141464

Formal Housing

3

Mengembangkan kemampuan ilmiah dalam memprogram, merencanakan dan merancang lingkungan perumahan formal dan real estate dalam skala kecil dengan titik berat pendekatan ekonomi, teknologi dan ramah lingkungan dalam konteks sosial budaya pemakai.

 

9

RA141455

Dasar Perancangan Kota

3

Mata kuliah Dasar Perancangan Kota adalah mata kuliah pilihan yang dapat mengembangkan pemahaman mahasiswa mengenai kaitan antara perancangan kota dengan perancangan arsitektur, melalui pemberian materi dasar-dasar perancangan kota yang meliputi kaidah perancangan kota, hubungannya dengan arsitektur beserta penerapannya pada penataan elemen di bagian kota tertentu berdasar kriteria, regulasi dan strategi perancangan kota yang dikaitkan  dengan kebutuhan perancangan arsitektur.

 

10

RA141466

Proses Perancangan Kota

3

Mata kuliah Proses Perancangan Kota ini merupakan mata kuliah pilihan yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan penelusuran permasalahan perkotaan serta menerapkan metodologi dasar dalam perancangan kota sehingga dapat memecahkan beberapa isyu rancangan terkini di perkotaan yang harus dipertimbangkan dari hasil  evaluasi hasil perancangan kota sebelumnya, serta menerapkannya dalam tugas evaluasi lewat identifikasi di kawasan tertentu dalam kota sehingga dapat memilih penyelesaian masalah berdasarkan isyu dan konteks yang terjadi.

 

11

RA141456

Tektonika

3

Tektonika adalah Mata Kuliah yang berbasis pada identifikasi tatanan dan aturan arsitektur Barat dan Asia melalui karya arsitektur, dan mengembangkan kemampuan untuk mempergunakan pengetahuan tektonika secara garis besar, sebagai pijakan berpikir, berimajinasi, berkomunikasi dan bertata-nilai dalam berarsitektur.

 

12

RA141457

Stilistika

3

Stilistika adalah Mata Kuliah yang berbasis pada identifikasi tatanan dan aturan arsitektur Barat dan Asia melalui karya arsitektur, dan mengembangkan kemampuan untuk mempergunakan pengetahuan stilistika secara garis besar, sebagai pijakan berpikir, berimajinasi, berkomunikasi dan bertata-nilai dalam berarsitektur.

13

RA141466

Arsitektur Tematik

3

Arsitektur Tematik adalah Mata Kuliah yang berbasis pada identifikasi tatanan dan aturan arsitektur Barat dan Asia melalui karya arsitektur, dan mengembangkan kemampuan untuk mempergunakan pengetahuan tema secara garis besar, sebagai pijakan berpikir, berimajinasi, berkomunikasi dan bertata-nilai dalam berarsitektur.

 

14

RA141467

Apresiasi Arsitektur

3

 

15

RA141458

Rekayasa Arsitektur 1

3

 

16

RA141468

Rekayasa Arsitektur 2

3

 

17

RA141459

Praktek Profesi

3

Mata kuliah Praktek profesi adalah mata kuliah yang bertujuan untuk memberikan pengantar kepada mahasiswa untuk mengetahui tentang profesi arsitek secara menyeluruh terkait dengan diskripsi kerja seorang arsitek dalam dunia profesional, kode etik, etika, tanggung jawab dan kepekaan sebagai seorang arsitek serta mengetahui gambaran mengenai hubungan kerja dengan disiplin ilmu lainnya (interdisiplin) yang terkait saat proses pelaksanaan pekerjaan.

 

18

RA141469

Kerja Praktek

3

Mata kuliah Kerja Praktek merupakan sarana pengembangkan kemampuan mahasiswa dalam penerapan pengetahuan di bidang arsitektural dan bidang ilmu yang terkait (konstruksi, perencanaan, karya ilmiah arsitektur, industri & manufaktur, sosial, dan sebagainya) di dunia profesional  dengan secara nyata di lapangan serta dengan tujuan memperluas wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa juga mampu mempelajari kepekaan menyeselesaikan masalah di dunia profesional baik terkait dengan arsitektur dan bidang ilmu yang terkait.