Perjanjian Kerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia ( IAI )

Pada tanggal 14 April 2009 Rektor ITS menandatanganni perjanjian kerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia ( IAI ) dalam rangka pendidikan profesi Arsitek.

Ketua Jurusan Arsitektur, Ir. Purwanita Setijanti, MSc, Ph D dalam sambutanya menyampaikan bahwa kerja sama dengan IAI ini merupakan salah satu langkah menuju pengakuan internasional. Isu lain yang mendukung pentingnya kerjasama ini adalah menyangkut legitimasi legal formal dari profesi Arsitek.

Saat ini Undang Undang Arsitek (UUA) sudah ada di DPR, jika UUA itu telah disyahkan maka semua lulusan pendidikan Arsirektur harus melalui proses pendidikan profesi, pemagangan, dan sertifikasi, untuk mendapatkan status sebagai Arsitek dan mendapatkan ijin untuk melakukan praktek professional Arsitektur.  Selain itu langkah kerjasama penyelenggaraan Pendidikan Profesi ini merupakan langkah strategis untuk menyongsong perkembangan ke depan, baik dalam bidang profesi Arsitek maupun dalam bidang Pendidikan Arsitektur.

Dalam Kaitan dengan pendidikan Profesi ini, IAI memberi beberapa alternatif cara penyelenggaraanya.

Pertama, Pendidikan murni Profesi, yaitu pendidikan selama satu tahun bagi lulusan S1 (4 tahun 144 SKS) dari jurusan Arsitektur (Lulusan pendidikan ini diberi sebutan kadidat Arsitek) Setelah melalui proses magang dua tahun dan sertifikasi, maka akan mendapatkan sebutan Arsitek dan memperoleh ijin prektek professional dalam bidang perancang Arsitektur.

Kedua , Pendidikan Profesi yang tergabung dalam pendidikan Magister. Untuk alternatif ini, persyaratan yang diberikan oleh IAI adalah minimal mengajarkan mata kuliah Perancangan Arsitektur, Teori Arsitektur dan Etika Profesi dalam jumlah SKS tertentu, lulusannya akan diakui setara dengan lulusan Pendidikan Profesi Arsitek, mendapat sebutan kadidiat Arsitek, disamping juga memperoleh gelar Magister Arsitektur. Jurusan Arsitektur ITS akan Mengembangkan kedua alternatif tersebut, yaitu pendidikan Profesi Arsitek satu tahun dan Pendidikan Magister Arsitektur dua Tahun. 

Dengan penandatangan kesepakatan kerjasama ini, maka mulai semester gasal tahun akademik 2009 – 2010, Jurusan Arsitektur secara resmi akan membuka dua jalur pendidikan Profesi Arsitektur tersebut. 

Gambar Lengkap Di Galeri Foto